Selasa, 14 Mei 2013

Mempelajari Prinsip Bisnis World Class Entrepreneur HendySetiono

Kemampuan merubah nasib dari banyak orang ke arah yang lebih baik adalah kontribusi nyata dari entrepreneur sejati.Pada awal saya membuka usaha ini saya mengawalinya dari mimpi… lalu berubah menjadi keinginan, dan akhirnya berujung pada target.Selama kita masih diberi umur, gunakan dengan sebaik-baiknya, bulatkan tekadmu untuk sukses.Riset perlu, tetapi execution is everything.Untuk yang menjual franchise kunci suksesnya adalah menjaga standarisasi di setiap outlet.Kebiasaan-kebiasaan saya di awal membangun bisnis ini adalah berkumpul dalam komunitas bisnis, berbagi informasi dan pengalaman bersama pengusaha lainnya.
Hendy Setiono adalah pengusaha sukses Indonesia yang sudah meraih sederet prestasi baik nasional maupun global. Memulai usahanya saat kuliah, bahkan sampai meninggalkan bangku kuliah, mendapatkan modal pinjaman dari keluarga yang sangat terbatas, mendorong sendiri gerobak kuningnya ditemani seorang karyawan, pernah juga sambil hujan-hujanan, rotinya basah dan berserakan di jalan, ditipu karyawan juga pernah, semuanya adalah proses menjadi pengusaha sukses yang dilaluinya sampai kini memiliki lebih dari 1000 outlet.

Untuk mempelajari prinsip dan strateginya dalam membangun bisnis, kami mengirimkan beberapa pertanyaan kepada pengusaha hebat ini.
Saya Hendy Setiono adalah CEO of PT. Baba Rafi Indonesia (Babarafi Enterprise), yang memiliki beberapa bisnis unggulan antara lain:
  1. Usaha Franchise dengan Brand “Kebab Turki Baba Rafi” (sekarang sudah memiliki lebih dari 1000 outlet di Indonesia) yang tersebar di seluruh Indonesia, dan mulai merambah di Asia di mulai dari negeri jiran Malaysia dan Filipina.
  2. “Piramizza” (sekarang sudah memiliki 75 outlet di Indonesia).
  3. Ayam Bakar Mas Mono,  sudah memiliki 40 resto di Indonesia dan mulai merambah malaysia.
  4. CKBR (Chicken Kebab Baba Rafi) sudah memiliki 25 outlet di Indonesia.
  5. Bebek Garang 5 Outlet.
Saya mempunyai visi untuk membawa Babarafi Enterprise “Becoming a Fast Growing Holding Company in Asia Region”.
Tell us something about world class entrepreneur ?
World class entrepreneur bagi saya adalah seorang entrepreneur yang dengan kreativitas dan inovasinya dapat membawa usahanya bersaing secara global dan dapat memberikan nilai tambah atas produk/jasa yang bermanfaat bagi manusia di dunia.
Dan pastinya dengan usaha yang dijalankannya dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang, dapat mengurangi tingkat pengangguran, mendorong munculnya entrepreneur baru, dapat menggerakkan perekonomian dan kemampuan merubah nasib dari banyak orang ke arah yang lebih baik adalah kontribusi nyata dari entrepreneur sejati.
Jaringan Baba Rafi Hendy Setiono
Kenapa tertarik bisnis retail? apakah perputaran uang di retail banyak? what’s so interesting about retail ?
Karena dengan bisnis retail kesempatan kita untuk mengembangkan strategi untuk masuk ke daerah-daerah yang lebih kecil kesempatannya lebih besar.
Yang menarik dari sistem retail ini adalah sesuai dengan konsep waralaba yang saya tawarkan di mana masyarakat umum memiliki kesempatan untuk membuka usaha ritel tersebut di wilayah yang diinginkan selama memiliki modal usaha.
Apa saja tantangan yang dihadapi di bisnis retail food chain seperti baba rafi ? dan bagaimana winning dalam berbagai aspek tantangan tersebut ? 
Tantangan/hambatan yang kami hadapi bervariasi dalam artian di awal pengembangan usaha saya menghadapi kesulitan di sektor marketing maupun supply bahan baku sedangkan tantangan yang kami hadapi saat ini adalah mengenai “bagaimana membuat perusahaan ini dapat survive dan berkembang dengan terus bertambahnya jumlah karyawan, dan perusahaan dapat bersaing dalam persaingan bisnis global. “ tetapi hal ini justru dapat memacu agar kita berkreatifitas dan lebih inovatif.
Winning dalam berbagai aspek tantangan tersebut? Pastinya dengan kerja keras, dengan tidak pernah berhenti untuk belajar (open minded), dan tentunya disertai dengan doa.
Untuk bisnis yang saya jalankan agar tetap survive diantaranya kami mempunyai tim quality control berjalan secara berkala untuk menjaga standarisasi di setiap outlet.
Marketing sales adalah ujung tombak dari perusahaan karena merekalah yang bertugas mencari investor baru, cara memotivasi mereka adalah dengan cara perusahaan memberikan insentif ganda yaitu gaji tetap tiap bulannya dan adanya fee bonus. Sedangkan untuk Distribusi dibagi menjadi 2 kantor pusat Jakarta, dan kantor cabang Surabaya.
Kantor pusat melayani franchisee wilayah Jabodetabek dan Sumatra. Sedangkan kantor cabang Surabaya melayani Jatim, Jateng Bali dan luar pulau lainnya. Sedangkan Untuk mempertahankan Branding kami melakukan inovasi-inovasi baru di bidang marketing. Sehingga Alhamdulillah Babarafi masih meraih Top Of Mind no.1 franchise di bidang makanan kebab.
Passion seperti apa yg dimiliki mas Hendy terkait dengan kebab atau menjalankannya hanya karena melihat opportunity untuk menjual produk kebab di Indonesia?
Being Entrepreneur always become my passion dan kebetulan sekali hobby saya berwisata kuliner sehingga saya gabungkan keduanya. Berawal dari beberapa waktu silam saya mendapat kesempatan untuk jalan-jalan ke salah satu Negara di Timur Tengah, di sana banyak sekali penjual yang menjual makanan tradisional turki yang biasa disebut Kebab di sepanjang jalan yang saya lalui.
Dari apa yang saya temui dan saya rasakan terbesit *AHA moment (ide) untuk mencoba mempopulerkan makanan kebab di Indonesia.
Saya memilih bidang ini karena saya melihat belum banyak orang yang melirik produk makanan timur tengah untuk diangkat menjadi bisnis utama di negeri ini, pada waktu itu sehingga saya menjadikannya suatu opportunity.
Pada awalnya boleh dibilang just seeing opportunity. Dan Alhamdulillah ternyata saya berjodoh dengan usaha kebab ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar