Kemampuan merubah nasib dari banyak orang ke arah yang lebih baik adalah kontribusi nyata dari entrepreneur sejati.Pada awal saya membuka usaha ini saya mengawalinya dari mimpi… lalu berubah menjadi keinginan, dan akhirnya berujung pada target.Selama kita masih diberi umur, gunakan dengan sebaik-baiknya, bulatkan tekadmu untuk sukses.Riset perlu, tetapi execution is everything.Untuk yang menjual franchise kunci suksesnya adalah menjaga standarisasi di setiap outlet.Kebiasaan-kebiasaan saya di awal membangun bisnis ini adalah berkumpul dalam komunitas bisnis, berbagi informasi dan pengalaman bersama pengusaha lainnya.
Hendy Setiono adalah
pengusaha sukses Indonesia yang sudah meraih sederet prestasi baik
nasional maupun global. Memulai usahanya saat kuliah, bahkan sampai
meninggalkan bangku kuliah, mendapatkan modal pinjaman dari keluarga
yang sangat terbatas, mendorong sendiri gerobak kuningnya ditemani
seorang karyawan, pernah juga sambil hujan-hujanan, rotinya basah dan
berserakan di jalan, ditipu karyawan juga pernah, semuanya adalah proses
menjadi pengusaha sukses yang dilaluinya sampai kini memiliki lebih
dari 1000 outlet.
Untuk mempelajari prinsip
dan strateginya dalam membangun bisnis, kami mengirimkan beberapa
pertanyaan kepada pengusaha hebat ini.
Saya Hendy Setiono adalah CEO of PT. Baba Rafi Indonesia (Babarafi Enterprise), yang memiliki beberapa bisnis unggulan antara lain:
- Usaha Franchise dengan Brand “Kebab Turki Baba Rafi” (sekarang sudah memiliki lebih dari 1000 outlet di Indonesia) yang tersebar di seluruh Indonesia, dan mulai merambah di Asia di mulai dari negeri jiran Malaysia dan Filipina.
- “Piramizza” (sekarang sudah memiliki 75 outlet di Indonesia).
- Ayam Bakar Mas Mono, sudah memiliki 40 resto di Indonesia dan mulai merambah malaysia.
- CKBR (Chicken Kebab Baba Rafi) sudah memiliki 25 outlet di Indonesia.
- Bebek Garang 5 Outlet.
Saya mempunyai visi untuk membawa Babarafi Enterprise “Becoming a Fast Growing Holding Company in Asia Region”.
Tell us something about world class entrepreneur ?
World class entrepreneur bagi saya adalah
seorang entrepreneur yang dengan kreativitas dan inovasinya dapat
membawa usahanya bersaing secara global dan dapat memberikan nilai
tambah atas produk/jasa yang bermanfaat bagi manusia di dunia.
Dan pastinya dengan usaha yang
dijalankannya dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang, dapat
mengurangi tingkat pengangguran, mendorong munculnya entrepreneur baru,
dapat menggerakkan perekonomian dan kemampuan merubah nasib dari banyak
orang ke arah yang lebih baik adalah kontribusi nyata dari entrepreneur
sejati.
Kenapa tertarik bisnis retail? apakah perputaran uang di retail banyak? what’s so interesting about retail ?
Karena dengan bisnis retail kesempatan kita
untuk mengembangkan strategi untuk masuk ke daerah-daerah yang lebih
kecil kesempatannya lebih besar.
Yang menarik dari sistem retail ini adalah
sesuai dengan konsep waralaba yang saya tawarkan di mana masyarakat umum
memiliki kesempatan untuk membuka usaha ritel tersebut di wilayah yang
diinginkan selama memiliki modal usaha.
Apa saja tantangan yang dihadapi di
bisnis retail food chain seperti baba rafi ? dan bagaimana winning
dalam berbagai aspek tantangan tersebut ?
Tantangan/hambatan yang kami hadapi
bervariasi dalam artian di awal pengembangan usaha saya menghadapi
kesulitan di sektor marketing maupun supply bahan baku sedangkan
tantangan yang kami hadapi saat ini adalah mengenai “bagaimana membuat
perusahaan ini dapat survive dan berkembang dengan terus bertambahnya
jumlah karyawan, dan perusahaan dapat bersaing dalam persaingan bisnis
global. “ tetapi hal ini justru dapat memacu agar kita berkreatifitas
dan lebih inovatif.
Winning dalam berbagai aspek tantangan tersebut? Pastinya dengan kerja keras, dengan tidak pernah berhenti untuk belajar (open minded), dan tentunya disertai dengan doa.
Untuk bisnis yang saya jalankan agar tetap
survive diantaranya kami mempunyai tim quality control berjalan secara
berkala untuk menjaga standarisasi di setiap outlet.
Marketing sales adalah ujung tombak dari
perusahaan karena merekalah yang bertugas mencari investor baru, cara
memotivasi mereka adalah dengan cara perusahaan memberikan insentif
ganda yaitu gaji tetap tiap bulannya dan adanya fee bonus. Sedangkan
untuk Distribusi dibagi menjadi 2 kantor pusat Jakarta, dan kantor
cabang Surabaya.
Kantor pusat melayani franchisee wilayah
Jabodetabek dan Sumatra. Sedangkan kantor cabang Surabaya melayani
Jatim, Jateng Bali dan luar pulau lainnya. Sedangkan Untuk
mempertahankan Branding kami melakukan inovasi-inovasi baru di bidang
marketing. Sehingga Alhamdulillah Babarafi masih meraih Top Of Mind no.1
franchise di bidang makanan kebab.
Passion seperti apa yg dimiliki mas
Hendy terkait dengan kebab atau menjalankannya hanya karena melihat
opportunity untuk menjual produk kebab di Indonesia?
Being Entrepreneur always become my passion
dan kebetulan sekali hobby saya berwisata kuliner sehingga saya
gabungkan keduanya. Berawal dari beberapa waktu silam saya mendapat
kesempatan untuk jalan-jalan ke salah satu Negara di Timur Tengah, di
sana banyak sekali penjual yang menjual makanan tradisional turki yang
biasa disebut Kebab di sepanjang jalan yang saya lalui.
Dari apa yang saya temui dan saya rasakan terbesit *AHA moment (ide) untuk mencoba mempopulerkan makanan kebab di Indonesia.
Saya memilih bidang ini karena saya melihat
belum banyak orang yang melirik produk makanan timur tengah untuk
diangkat menjadi bisnis utama di negeri ini, pada waktu itu sehingga
saya menjadikannya suatu opportunity.
Pada awalnya boleh dibilang just seeing opportunity. Dan Alhamdulillah ternyata saya berjodoh dengan usaha kebab ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar