Biasanya seorang entreprenur yang akan memulai sebuah bisnis, sangat
khawatir akan penampilan dan detail-detail produknya, sampai-sampai ia
melupakan satu aspek yang sangat penting bagi bisnisnnya.
Kenyataan pahitnya sebuah nama yang tepat terkadang bisa membawa
sebuah perbedaan ketika hal itu menyangkut tentang usaha untuk
menyukseskan sebuah bisnis, dan terkadang kerja keras saja tidak cukup.
Sebuah nama memiliki kekuatan yang cukup kuat. Saya memulai karir
saya sebagai seorang copy writer. Saya tahu dengan sangat jelas bahwa
nama merupakan hal yang sangat penting. Setiap nama memiliki pengertian
sendiri dan memiliki perbedaan. Pilihlah nama yang tepat dan Anda dapat
melakukan branding yang tepat pula.
Berikut ini adalah tips yang dapat digunakan untuk menentukan nama bisnis Anda.
1. Nama itu harus enak didengar saat diucapkan dengan lantang.
Saya sangat menyenangi alliterasi, yaitu menggunakan nama yang
dimulai dari konsonan yang sama, seperti coca-cola, atau Jimmy John’s.
Saat Anda memilih nama yang menggunakan alliterasi, pastikan nama itu
tidak akan berbelit-belit dan menyusahkan saat diucapkan. Bagaimanapun
juga saat nama bisnis Anda menjadi besar, nama itu akan disebutkan
berulang-ulang diradio, atau percakapan video.
2. Gunakanlah nama yang memiliki makna, dan menyampaikan sebuah benefit
Janganlah membuat nama yang seolah-olah ingin menunjukan bahwa Anda
adalah segalanya untuk setiap orang. Gunakanlah nama yang dapat
mencerminkan maksud Anda, dan bidang perusahaan Anda. Gunakanlah nama
yang jika dibaca, orang itu akan langsung mengerti tujuan dan bidang
usaha Anda.
3. Hindari ambiguitas pelafalan
Banyak perusahaan yang menggunakan nama yang menimbulkan ambiguitas
saat membacanya. Beberapa orang bahkan bingung bagaimana cara membaca
nama Flickr, atau delicio.us. Nama-nama seperti ini menyebabkan sulitnya
pelafalan, dan orang harus berpikir dulu untuk membacakan nama
perusahaan Anda. Buatlah nama yang bisa dilafalkan siapa saja, tanpa
perlu berpikir lagi seperti apa nama itu seharusnya dibacakan.
4. Berhati-hatilah pada penggunaan inisial
Terkadang penggunaan inisial dapat sangat membosankan. Ya, IBM dan 3M
memang menggunakan inisial untuk nama perusahaan mereka, tapi mereka
adalah perusahaan jutaan dollar yang sudah begitu terkenal, dan sudah
berdiri selama beberapa dekade sehingga tidak ada orang yang tidak
mengetahui perusahaan mereka. Anda dapat melakukan hal yang sama jika
bisnis Anda sudah membawa keuntungan jutaan dollar, atau sudah begitu
terkenal. Sampai saat itu tiba, pastikan Anda menghindari penggunaan
inisial untuk nama peruasaahn Anda.
5. Gunakanlah spesifikasi
Jangan menggunakan nama umum yang tidak berarti apa-apa. Saya
menyenangi nama yang memasukan beberapa detail seperti angka atau hari.
Beberapa nama menggunakan detail yang membuatnya lebih unik dan beda
dari yang lain, sehingga orang-orang dapat dengan mudah mengingatnya.
6. Pastikan Anda dapat melakukan trademark pada nama ini
Tergantung pada seberapa besar Anda ingin mengembangkan brand
perusahaan Anda, hal ini merupakan pertimbangan yang sangat penting.
Jika Anda benar-benar serius dan ingin mengembangkan bisnis Anda lebih
besar lagi, pastikan Anda memeriksa USPTO.gov untuk melakukan pengecekan
nama yang sudah di trademark, sebelum Anda menentukan nama perusahaan
Anda.
7. Ujilah nama Anda di google
Dunia yang semakin berkembang ini begitu memudahkan kita untuk
melakukan pencarian. Salah satu kemudahan yang bisa digunakan adalah
dengan menggunakan google. Carilah nama yang ingin Anda gunakan, dan
lihatlah kesamaan yang muncul dari google. Jangan sampai nama yang Anda
gunakan terkait dengan hal-hal yang tidak baik dari mesin pencarian
google, atau mungkin nama yang hendak Anda gunakan telah dipakai orang
lain, dan memiliki bidang yang sangat berbeda dari bidang Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar