Selasa, 14 Mei 2013

10 Tips Toko Online untuk Mendapatkan Lebih Banyak Penjualan

Kita sering mencoba menemukan cara baru untuk meningkatkan tingkat konversi produk kita atau landing page. Bagaimanapun, satu hal yang kita sering lupa adalah memeriksa proses checkout. Banyak orang berpikir apabila seorang visitor mengklik add to cart maka mereka pasti akan menyelesaikan proses pembelian.
Kenyataanya adalah proses check out merupakan bagian paling penting dari landing page itu sendiri. Jika ada bagian yang salah atau jika pelanggan merasa terlalu rumit, maka kemungkinan dia akan meninggalkannya.
Di bawah ini adalah tips bagaimana menerapkan proses checkout yang simpel untuk meningkatkan tingkat konversi secara keseluruhan dan yang paling penting, meningkatkan penjualan!


1. Form yang jelas dan simple

Kesan pertama adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu kebersihan, kejelasan, dan ketepatan dalam proses checkout merupakan langkah pertama memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pelanggan. Hal yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan setiap hambatan yang berpotensi membuat pelanggan kabur.
Sebagai contoh, menghilangkan navigasi bar seperti link dan elemen yang tidak diperlukan adalah cara terbaik untuk membuat pelanggan Anda tetap fokus untuk segera menyelesaikan proses checkout.
Elemen lain yang bisa mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memproses pembelian adalah form checkout. Umumnya semakin kecil field yang harus diisi dalam form checkout, semakin besar kesempatan pelanggan untuk menyelesaikan ordernya.
Pertahankan bagian penting dari form saja sebagai contoh jika seorang pembeli membeli konten digital (pdf) jangan meminta mereka untuk mengisi alamat pengiriman. Ingatlah semakin banyak field yang harus diisi maka pelanggan juga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk dihabiskan dan seperti kita tahu waktu adalah uang. Jangan membuat pelanggan Anda menghabiskan waktunya. Pastikan mereka bisa mengisi form dengan cepat.
Hal yang paling penting juga untuk mengecek form Anda! Tes nomor yang ada di field input, periksa layout page dan tombol juga.

2. Masukkan indikator visual untuk proses pembelian

Seperti Anda tahu, setiap orang ingin cepat dalam menyelesaikan transaksi dalam website Anda. Prosesnya secara normal berarti pelanggan membutuhkan beberapa langkah untuk menyelesaikan transaksi.
Masukkan indikator visual dengan deskripsi setiap langkah yang bisa menguntungkan bisnis Anda. Itu juga bisa membuat pelanggan tahu langkah selanjutnya apa dan bagaimana mereka bisa menyelesaikan transaksi dan mengeliminasi potensi kebingungan.
Jangan membuat banyak langkah untuk menyelesaikan transaksi karena itu akan mengurangi tingkat konversi penjualan. Saya merekomendasikan maksimal 4 langkah dalam menyelesaikan transaksi namun idealnya hanya menggunakan 3 langkah. 3 Langkah itu meliputi Pengiriman, Pembayaran, dan me review ulang order.
Gilt mempunyai indikator visual yang sempurna. Indikatornya singkat namun jelas memberitahukan seberapa jauh langkah yang sudah pelanggan lakukan dan memberikan informasi untuk langkah selanjutnya.

3. Tidak perlu registrasi

Banyak situs website memaksa Anda untuk melakukan registrasi sebelum Anda menyelesaikan transaksi. Jangan lakukan itu. Situs ini meningkatkan penjualannya 300 juta hanya dengan menghilangkan bagian registrasi pada situs mereka.
Alternatif terbaik untuk para pelanggan yaitu dengan memberikan pilihan “tetap melanjutkan sebagai tamu” (continue as guest) sehingga itu akan membawa pelanggan untuk langsung menyelesaikan transaksi. Akun bisa dibuat sepanjang  proses penyelesaian transaksi yang mana bisa membuat pelanggan merasa lebih cepat dalam menyelesaikan transaksi.
Jangan lupa, di samping tombol “lanjutkan sebagai tamu” , ditempatkan form login untuk existing customer sehingga mereka bisa menikmati proses penyelesaian transaksi dengan cepat.
Ketika Anda ingin check out dari situs BestBuy’s Anda bisa login apabila Anda sudah mempunyai akun atau tetap melanjutkan dengan menjadi pelanggan baru tanpa membuat akun.

4. Jangan biarkan orang membatalkan transaksi

Pembatalan transaksi yang dilakukan oleh para pembeli meningkat dengan tajam. Berita buruknya adalah banyak orang merasakan dampaknya.
Berita baiknya adalah banyak tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pembatalan pembelian, dan follow up email merupakan cara terbaik pada toko online anda . Jika Anda berpikir tidak worth, Anda harus berpikir ulang karena Movies Unlimited menunjukkan peningkatan 500% ROI dengan melakukan campaign yang mem-followup pembatalan pembelian.
Seperti yang saya katakan, follow up email merupakan cara terbaik untuk meyakinkan pelanggan Anda untuk kembali dan menyelesaikan tranasaksi. Bagaimanapun, di dalam email tentu saja Anda membutuhkan beberapa elemen yang bisa meyakinkan calon pelanggan. Dibawah ini beberapa rekomendasi yang bisa Anda lakukan :
  • Menawarkan diskon
  • Menawarkan pengiriman gratis
  • Mengirim email follow up secepatnya setelah dia membatalkan pembelian.
  • Mengirim email kedua setelah 24 jam
Sekarang Jika Anda bingung bagaimana cara mengirim email follow up jika Anda tidak mewajibkan visitor untuk registrasi, gunakan cara berikut :
  • Tawarkan diskon jika pelanggan mendaftar untuk email newsletter pada saat proses pembelian. Cara ini bisa menyimpan cookie pada komputer pelanggan sehingga Anda bisa mengetahui alamat email mereka. Jika mereka menambahkan barang pada keranjang dan membiarkannya saja tanpa menyelesaikan pembelian, email bisa otomatis dikirim.
  • Bagi yang sudah mempunyai akun dan sudah login pada website maka apabila mereka menyimpan keranjang belanja mereka, Jika mereka meninggalkannya mereka akan menerima email follow up(karena email mereka sudah terdaftar dalam akun tersebut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar