Pernahkah kita berpikir mengapa terdapat begitu banyak bisnis online
yang begitu sukses dan terus meningkat jumlah pengunjung dan ada
sebagian yang malah sebaliknya?
Pertanyaan itu menjadi menarik ketika kita bisa mengetahui alasan
mengapa terdapat bisnis online yang sukses dan bisnis online yang gagal?
Ketika kunci kesuksesan dapat diukur berdasarkan seberapa baik
blogger dan technopreneur mencapai target pembaca mereka, begitu juga
pada dunia online bagaimana mereka dapat mengatur dan mengembangkan
keberadaan mereka di dunia online kadang menjadi dasar bagi kesuksesan
bisnis mereka.
Faktanya sekarang orang cenderung lebih menyukai sesuatu yang mudah
sebagai contoh dalam hal berbelanja. Mereka ingin membeli dengan orang
yang sudah pakar di bidangnya dan mereka kenali serta dengan cara yang
mudah.
1. Masalah : Terlalu banyak keahlian
Mempunyai banyak keahlian dan talenta memang menjadi keuntungan bagi
setiap orang. Pada generasi X dan generasi Y menjadi sebuah keuntungan
apabila mempunyai keahlian di beberapa bidang industri. Semakin banyak
keahlian maka semakin banyak kesempatan yang dapat diambil.
Tetapi bagaimanapun, saya menemukan fakta bahwa keahlian yang banyak
bisa menjadi bumerang bagi kesuksesan dalam bisnis jika anda membuat
kesalahan dengan membuatnya menjadi satu bagian di dalam situs anda,
khususnya apabila perbedaannya sudah terlalu jauh. Keahlian anda tidak
akan menjadi keuntungan apabila kita hanya mempunyai banyak keahlian
yang rata – rata.
Solusi : Fokus hanya pada satu kemampuan
Mempertimbangkan jika semua kemampuan dan keahlian digabungkan dalam
satu tempat. Sebagai contoh jika anda adalah blogger yang membicarakan
mengenai taman, pengunjung akan bingung apabila Anda menceritakan segala
macam kegiatan anda mulai dari event organizer pernikahan hingga
menjadi investor
Akan lebih baik apabila dengan satu kemampuan anda dapat memberikan
identitas yang jelas kepada orang dibandingkan dengan menggabungkan
beberapa kemampuan anda.
Apabila anda memiliki 2 keahlian maka bedakan keahlian anda menjadi 2 situs misalnya situs taman dan situs investor.
Selain itu, saya menyarankan anda untuk fokus pada pengalaman yang
relevan pada setiap area sesuai dengan websitenya seperti membicarakan
mengenai pengalaman berkebun pada situs berkebun, dan pengalaman
investasi pada situs investor.
Saya tidak menyarankan anda untuk menyembunyikan kemampuan dan
pengalaman anda pada bidang lain, tetapi jangan terlalu fokus terlalu
banyak dan menyatukan semuanya karena setiap bidang mempunyai segmen
pembaca yang berbeda.
2. Masalah : Menawarkan banyak produk / jasa pada 1 website
Orang sering melakukan kesalahan yang paling mendasar yaitu berusaha
membuat semuanya menjadi satu. Berapa kali kita mengunjungi sebuah
website yang menawarkan produk bisnis online dan mainan anak?
Pada contoh ini, sulit untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari
bisnis tersebut, keahliannya dan apa yang benar – benar menjadi
spesialisasinya, dan biasanya kita akan memilih untuk tidak memilih
produknya dibandingkan kita berusaha mengenali berbagai produk yang
ditawarkan.
Solusi : Batasi produk dan jasa anda
Tidak ada masalah apabila produk dan jasa anda berhubungan, tetapi
jika tidak, cara terbaik adalah anda membuat website baru untuk
menawarkan produk yang berbeda.
Cukup sulit untuk membagi fokus pada beberapa bisnis jadi pilihlah
bisnis yang akan mendatangkan arus pendapatan yang lebih menguntungkan.
Meskipun bisnis bisa dijalankan sendiri tanpa campur tangan anda tetapi
sebuah bisnis tetap membutuhkan arahan yang jelas.
3. Masalah : Gagal Mengenalkan Bisnis dan Brand anda
Anda pasti pernah mendengar istilah “People want to do business with people”
Teknologi telah membuat banyak hal yang sebelumnya tidak mungkin
menjadi sebuah kenyataan, sekarang kita bisa dihubungkan dan berbisnis
antar negara kapanpun dan dimanapun dengan hanya meng-klik sebuah
tombol. Teknologi telah menghilangkan sentuhan personal antara penjual
dan pembeli.
Pada generasi nenek moyang kita, bisnis dilaksanakan secara local,
dengan hubungan yang begitu kuat di dalamnya. Sekarang elemen tersebut
secara perlahan – lahan mulai dihilangkan, kita mulai berbisnis dengan
orang yang tidak kita kenal dan percaya. Namun seiring dengan waktu
insting yang mementingkan hubungan yang erat dalam berbisnis tidak akan
pernah hilang.
Karena hal tersebut, muncul ilmu pemasaran yang mengutamakan hubungan
antar penjual dan pembeli. Kita didorong untuk memberikan pelayanan
lebih dan menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan seperti
dengan mengirimkan newsletter, email dan memberikan konten langsung
kepada mereka.
Dengan pemikiran seperti ini, sangat menarik mengingat masih banyak
orang yang melakukan bisnis online dan blogger yang menutupi identitas
dia sebenarnya.
Solusi : Perkenalkan diri anda
Itu merupakan cara yang terbaik dan paling baik untuk dilakukan
Jika kamu ingin membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan
anda berdasarkan pada customer oriented maka sudah saatnya kita tidak
malu untuk melakukannya.
Menerima newsletter dari grup bisnis tidak memberikan efek apa – apa.
Tetapi menerima email dari Jane seorang pengelola komunitas bisnis
sangat memberikan sentuhan pribadi.
Tiba – tiba, saya mengetahui identitas para pembeli. Seperti contoh diatas, Dia adalah wanita, seperti saya.
Dia mungkin akan membagikan pengalamannya berlibur di pantai, pergi
ke gym, mengenai es krim dan pengalamannya dalam menghubungkan orang
seluruh dunia. Pemikiran seperti inilah sebuah hubungan yang erat
dibangun.
Dengan begitu, bagikan foto dan hobi Anda. Berikan pelanggan anda
kesempatan untuk mengenal dan menjalin hubungan yang lebih erat. Mereka
akan merasa nyaman untuk berbisnis dengan anda.
Dengan mengikuti beberapa kunci sukses cara untuk membangun presence
di dunia online akan membantu Anda untuk membuat sebuah bisnis online
yang jauh lebih terpercaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar