Selasa, 14 Mei 2013

Kenapa Pengusaha Muda Membutuhkan Seorang Mentor

Dunia bisnis yang dihadapi oleh pengusaha muda, terutama yang terjun di bisnis internet, memiliki tingkat kompetisi yang tinggi dan market yang ramai.
Saat Anda memikirkan seorang mentor, mungkin Anda membayangkan seseorang yang akan menghabiskan waktu Anda untuk memperhatikan apa yang dia lakukan sambil memberikan beberapa nasehat-nasehat umum.
Nyatanya, seorang mentor bisa menjadi aset berharga untuk sebuah bisnis yang masih baru. Kebanyakan founder ingin melakukan segalanya sendiri, tapi melakukan semuanya sendirian tidak terlalu membantu Anda saat sedang memulai hal baru. Berikut adalah beberapa alasan mengapa seorang mentor bisa sangat membantu Anda menjadi seorang pengusaha sukses :

Mengisi kekosongan Skill

Tidak ada seorangpun yang mengetahui semua seluk beluk sebuah bisnis teknologi. Carilah seorang mentor yang memiliki beberapa kemampuan yang tidak Anda miliki sekarang, seperti cara berurusan dengan pelanggan, manajemen keuangan, atau cara meluncurkan sebuah produk atau jasa. Carilah melalui media online seperti forum dan situs untuk menemukan orang-orang berpengalaman, atau eksplorasilah jaringan Anda melalui LinkedIn, Twitter, dan Facebook. Anda bisa saja benar atau salah, tapi mungkin saja hal-hal di atas bisa menjadi penghubung Anda dengan orang-orang yang memiliki banyak pengetahuan. Seorang mentor dalam dunia wirausaha berlaku seperti pelatih dan bisa sangat membantu Anda mepertajam kemampuan dan memfokuskan ide Anda sebagai pengusaha agar bisa mengantisipasi tantangan yang akan Anda hadapi dengan lebih baik.

Menyeimbangkan

Memulai bisnis apapun bisa menjadi sesuatu yang terlampau besar untuk Anda. Seorang mentor bisa membantu Anda untuk memprioritaskan setiap hal dan mengaturnya. Beberapa tugas lebih penting dari yang lain dan dengan mengetahui apa yang perlu diselesaikan duluan adalah pelajaran berharga yang bisa menjaga segalanya berjalan lancar tanpa terlalu banyak stress.
Mungkin Anda adalah seseorang yang sudah terorganisir, tapi memulai sebuah bisnis tidak seperti apapun yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Kebanyakan mentor memiliki pengalaman bertahun-tahun dan sudah mengetahui apa yang harus segera diselesaikan dan apa yang bisa dikesampingkan terlebih dahulu.

Membangun Relasi

Mentor Anda kemungkinan besar memiliki relasi dengan banyak orang profesional. Relasi yang mereka miliki bisa menjadi aset yang sangat bernilai untuk Anda, terutama dalam hari-hari awal Anda menjadi pengusaha. Koneksi-koneksi tersebut biasanya termasuk supplier, distributor, dan bahkan orang yang berhubungan dengan marketing atau periklanan. Jangan berhenti mencari dan menyerap semua nasehat dan bantuan yang bisa Anda dapatkan. Beberapa koneksi ini mungkin bisa membantu bisnis Anda dari segi finansial.
Seorang mentor wirausaha tidak hanya menawarkan nasehat dan arahan, tapi juga bisa menjaga Anda tetap termotivasi sebagai pengusaha. Bantuan ada di luar sana, dan harus Anda manfaatkan untuk keuntungan Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar