Dalam kesuksesan setiap bisnis, mengetahui apa yang dianggap penting
oleh konsumen dan cara apa yang mereka sukai dalam berinteraksi dengan
sebuah Brand merupakan hal yang penting. Sebuah kajian baru menganjurkan
Brand-brand untuk memperhatikan apa yang dipikirkan konsumen. Ini
adalah hal yang penting jika ingin meningkatkan kualitas produk atau
servis, dan kemudian membuat perubahan yang akan memuaskan para pembeli.
Berikut ini adalah lima tips dari “Conversation Index” rilisan
Bazaarvoice, sebuah perusahaan di Texas yang dikenal baik dengan
software rating dan review yang mereka miliki. Tips – tips tersebut dikumpulkan dari jutaan konten buatan user (User Generated Content) dari review-review online:
Pengunjung yang datang ke toko Anda tetap berpartisipasi secara online:
Karena ada laporan bahwa 70 persen dari pengunjung menggunakan smartphone di dalam toko Anda, temukanlah cara untuk mendapatkan alamat email pembeli-pembeli ini. Mintalah feedback secara online dari pengunjung yang datang ke toko Anda, dan jika memang diperlukan, sediakanlah wi-fi gratis di lokasi bisnis Anda.
Punahnya tanda “Tutup” pada toko:
Setidaknya setengah dari kegiatan belanja online (online shopping)
terjadi setelah tutup toko. iPad, dan tab-tab lainnya merupakan penyebab
dari perubahan tren ini. Yang artinya Anda harus siap 24 jam dalam
sehari. Anda akan membutuhkan Customer Support, fasilitas chat,
Twitter, dan Facebook anda untuk siap membantu, 24 jam dalam sehari, 7
hari dalam seminggu, jika anda ingin memberikan hasil yang cepat.
Ini bukan hanya soal berbelanja:
Halaman Facebook Anda (bahkan kadang termasuk situs anda) bukanlah
tempat untuk menjual secara langsung dan agresif. Pengunjung akan sangat
puas jika Anda menawarkan pada mereka pengalaman bersosialisasi yang
akan mengarah kepada loyalitas. Buatlah fitur-fitur sosial dalam situs
Anda yang memudahkan pengunjung untuk berbagi dengan orang lain tanpa
meninggalkan situs Anda. Dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan
opini tentang produk-produk, serta memberikan kontribusi pada situs Anda
yang langsung terhubung dengan Facebook menggunakan alat seperti Facebook Comments – seringkali menaikkan tingkat kepuasan dari konsumen Anda.
Terima semua saran yang membangun:
Studi oleh Bazaarvoice memperlihatkan bahwa review produk
yang paling “bersinar”-pun tetap mengandung saran untuk mengembangkan
produk, yang artinya Anda harus memperhatikan setiap feedback. Bahkan, sesuai dengan studi tersebut, 20 persen dari review
yang dilakukan untuk produk “berbintang 4” mengandung rekomendasi
tentang apa yang dirasakan oleh konsumen, akan mengubah produk atau jasa
tersebut manjadi “berbintang 5”.
Perhatikan dengan baik bagian Q&A (Tanya Jawab) oleh konsumen:
Selain dalam review produk, konsumen seringkali memberikan
pertanyaan tentang produk. Pastikan Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan
ini, lalu pertimbangkan untuk memperbaharui deskripsi produk Anda, atau
Anda bisa menyediakan video-video tutorial untuk membantu konsumen Anda
berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar