Selasa, 14 Mei 2013

Kenapa Bisnis Anda harus memperhatikan Feedback dari Konsumen

Dalam kesuksesan setiap bisnis, mengetahui apa yang dianggap penting oleh konsumen dan cara apa yang mereka sukai dalam berinteraksi dengan sebuah Brand merupakan hal yang penting. Sebuah kajian baru menganjurkan Brand-brand untuk memperhatikan apa yang dipikirkan konsumen. Ini adalah hal yang penting jika ingin meningkatkan kualitas produk atau servis, dan kemudian membuat perubahan yang akan memuaskan para pembeli.
Berikut ini adalah lima tips dari “Conversation Index” rilisan Bazaarvoice, sebuah perusahaan di Texas yang dikenal baik dengan software rating dan review yang mereka miliki. Tips – tips tersebut dikumpulkan dari jutaan konten buatan user (User Generated Content) dari review-review online:
Pengunjung yang datang ke toko Anda tetap berpartisipasi secara online:
Karena ada laporan bahwa 70 persen dari pengunjung menggunakan smartphone di dalam toko Anda, temukanlah cara untuk mendapatkan alamat email pembeli-pembeli ini. Mintalah feedback secara online dari pengunjung yang datang ke toko Anda, dan jika memang diperlukan, sediakanlah wi-fi gratis di lokasi bisnis Anda.
Punahnya tanda “Tutup” pada toko:
Setidaknya setengah dari kegiatan belanja online (online shopping) terjadi setelah tutup toko. iPad, dan tab-tab lainnya merupakan penyebab dari perubahan tren ini. Yang artinya Anda harus siap 24 jam dalam sehari. Anda akan membutuhkan Customer Support, fasilitas chat, Twitter, dan Facebook anda untuk siap membantu, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, jika anda ingin memberikan hasil yang cepat.
Ini bukan hanya soal berbelanja:
Halaman Facebook Anda (bahkan kadang termasuk situs anda) bukanlah tempat untuk menjual secara langsung dan agresif. Pengunjung akan sangat puas jika Anda menawarkan pada mereka pengalaman bersosialisasi yang akan mengarah kepada loyalitas. Buatlah fitur-fitur sosial dalam situs Anda yang memudahkan pengunjung untuk berbagi dengan orang lain tanpa meninggalkan situs Anda. Dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan opini tentang produk-produk, serta memberikan kontribusi pada situs Anda yang langsung terhubung dengan Facebook menggunakan alat seperti Facebook Comments – seringkali menaikkan tingkat kepuasan dari konsumen Anda.
Terima semua saran yang membangun:
Studi oleh Bazaarvoice memperlihatkan bahwa review produk yang paling “bersinar”-pun tetap mengandung saran untuk mengembangkan produk, yang artinya Anda harus memperhatikan setiap feedback. Bahkan, sesuai dengan studi tersebut, 20 persen dari review yang dilakukan untuk produk “berbintang 4” mengandung rekomendasi tentang apa yang dirasakan oleh konsumen, akan mengubah produk atau jasa tersebut manjadi “berbintang 5”.
Perhatikan dengan baik bagian Q&A (Tanya Jawab) oleh konsumen:
Selain dalam review produk, konsumen seringkali memberikan pertanyaan tentang produk. Pastikan Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, lalu pertimbangkan untuk memperbaharui deskripsi produk Anda, atau Anda bisa menyediakan video-video tutorial untuk membantu konsumen Anda berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar